Biar Makin Tepat Sasaran, Ini Dia 5 Cara Melakukan Segmentasi Customer dan Manfaatnya

Biar Makin Tepat Sasaran, Ini Dia 5 Cara Melakukan Segmentasi Customer dan Manfaatnya

June 19, 20243 min read

Sebuah usaha akan makin berkembang, kalo produknya tuh dipasarkan di pasar yang tepat sasaran. Jadinya bakalan relate sama customer. Dengan kata lain, menjalankan usaha bukan cuma sekadar poduk terjual habis, tapi perlu juga strategi bisnis. Salah satu strateginya adalah segmentasi customer. Apa aja sih manfaat dari segmentasi customer? Dan seberapa pentingnya untuk sebuah bisnis?

  1. Segmentasi Demografis

    Segmentasi demografis itu paling basic tapi tetep penting banget. Di sini, kita bisa bagi customer berdasarkan umur, gender, pendapatan, pendidikan, status pernikahan, dan lain-lain. Misalnya, produk skincare buat remaja pasti beda kan sama produk buat ibu-ibu. Dengan tau demografi customer, kamu bisa buat konten yang lebih nyambung sama mereka.

  2. Segmentasi Geografis

    Persebaran wilayah customer kamu bakalan ngaruh banget nih. Misalnya, kamu punya brand baju kaos nih, kamu bisa sesuaikan varian produk berdasarkan segmentasi geografis yang telah kamu buat sebelumnya, berdasarkan data customer kamu. Misalnya, kamu buat kaos dengan 2 bahan. Satu bahan tebal, satu bahan yang tidak terlalu tebal. Bahan tebal untuk daerah dengan iklim sejuk/dingin, dan bahan yang tidak terlalu tebal untuk daerah dengan iklim hangat.

  3. Segmentasi Psikologis

    Kalau pengen lebih dalam lagi, kamu bisa coba segmentasi psikografis. Di sini kita lihat gaya hidup, kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang dipegang customer. Segmentasi ini membantu kita memahami motivasi di balik keputusan pembelian konsumen. Contoh penerapannya adalah jika melihat gaya hidup, produk ramah lingkungan akan lebih disukai oleh orang yang cinta lingkungan. Jika berdasarkan minat, komunitas hobi seperti pecinta sepeda atau pendaki gunung bisa menjadi target pasar untuk produk-produk outdoor.

  4. Segmentasi Behavioral

    Segmentasi ini ngebagi customer berdasarkan perilaku mereka, seperti kebiasaan belanja, produk yang sering dibeli, atau respons mereka terhadap promosi tertentu. Ini membantu kamu buat paham kapan waktu yang tepat buat nawarin diskon atau promo spesial.

    Contoh Penerapan:

    Kebiasaan Belanja: Customer yang sering belanja pada akhir pekan bisa diberikan promo khusus pada hari tersebut.

    Loyalitas: Memberikan program loyalitas atau reward bagi customer yang sering berbelanja bisa meningkatkan retensi mereka.

  5. Segmentasi Teknografis

    Terakhir, ada segmentasi teknografis. Di era digital kayak sekarang, penting banget buat tau preferensi teknologi dari customer kamu. Misalnya, ada yang lebih suka belanja lewat app daripada website, atau ada yang aktif banget di media sosial tertentu.

    Contoh Penerapan:

    Penggunaan Perangkat: Promosi yang dioptimalkan untuk pengguna smartphone bisa lebih efektif jika mayoritas customer kamu menggunakan perangkat mobile.

    Platform Favorit: Jika customer kamu lebih banyak di Instagram daripada Facebook, maka fokuskan campaign marketing kamu di Instagram.

Manfaat segmentasi customer

Gak cuma buat strategi pemasaran aja, segmentasi customer juga punya banyak manfaat yang gak bisa kamu abaikan lho!

  1. Target lebih tepat sasaran

    Dengan segmentasi, kamu bisa kirim pesan yang lebih spesifik dan relevan buat tiap kelompok customer. Jadi, mereka ngerasa lebih diperhatiin dan kemungkinan besar bakal engage sama brand kamu.

  2. Efisiensi biaya marketing

    Karena promosi lebih terarah, biaya marketing bisa lebih efisien. Gak perlu lagi buang-buang budget buat promosi yang gak tepat sasaran.

  3. Meningkatkan retensi customer

    Customer yang ngerasa puas dan dimengerti bakal lebih loyal ke bisnis kamu. Ini bisa meningkatkan retensi dan repeat order, yang pastinya bakalan nguntungin banget buat bisnis kamu.

  4. Pengembangan produk yang lebih baik

    Dengan paham kebutuhan dan preferensi tiap segmen, kamu bisa kembangin produk yang lebih sesuai dan inovatif. Jadi, produk kamu gak cuma sekedar ada, tapi bener-bener dicari sama market.

  5. Kepuasan customer meningkat

    Customer yang dapet pengalaman personal dan relevan pasti bakal lebih puas. Dan customer yang puas? Mereka gak cuma balik lagi, tapi juga bisa jadi ambassador gratis buat brand kamu.

Nah, sekarang udah tau kan gimana caranya segmentasi customer, beserta manfaatnya. Kamu bisa banget terapin cara-cara ini ke usaha kamu, biar usaha kamu makin cuan dan sukses! 🙂

Platform CRM Sunnyday membantu pembuatan segmentasi customer ini menjadi lebih mudah, untuk tahu lebih jauh Kamu bisa book demo sekarang, atau klik disini untuk chat dengan tim Sunnyday. Gratis!


Digital Marketing CRMMarketing OtomatisEmail MarketingWhatsapp MarketingSegmentasi PelangganOmnichannel OtomatisWebsite Unlimited GratisCRM Powerful
Back to Blog

Digital is our passion. We strive to bring internet a better place for people

Navigasi

Hubungi Kami

Sen-Jum: 9AM-6PM

Jl. Kemang Timur no. 90, Jakarta Selatan

Indonesia

021-7179-0561

0852-8046-3044 (WA Only)

© 2024 SunnyDay - All Rights Reserved.